Friday, 1 January 2016

Putih-Bersih dengan Sayuran

Sayur Mayur

Kembalilah ke alam. Ungkapan itu kini kian populer dan semakin dipraktekkan terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Di Cina kini bahkan terjadi penurunan konsumsi alat-alat make up karena "praktek" kembali ke alam itu. Mereka yang terkenal dengan kehalusan kulitnya lebih memilih memakai sayur dan buah daripada mengolesi kulit dengan krem dan kosmetika pabrikan lainnya.

Anda tahu kelebihan buah dan sayuran? Pertama, buah dan sayuran bebas dari zat pengawet dan pewangi sehingga aman bagi kulit yang sesensitif apa pun. Kedua, ak yang dikandung buah dan sayur dapat melembabkan kulit, dan lemaknya menghalangi proses penguapan ak melalui pori-pori. Dampaknya, kulit jadi bersih, lembut, lentur dan bercahaya.

Tapi tentu tak semua buah dan sayur. Timun, jeruk, apel, labu dan kacang kedelai, seledri serta pisang adalah buah dan sayur yang sangat baik untuk kebersihan kulit, terutama daerah wajah. Caranya pun gampang, Anda cuma melumatnya dan menjadikannya "kream" penghalus wajah. Tertarik? Praktekkan saja kiat cantik berikut ini.

Untuk memutihkan wajah. Pilihlah labu, mentimun, dan kacang kedelai. Labu yang kaya dengan vitamin B, C, lemak dan protein, selain memutihkan kulit juga dapat meredam bercak kemerahan pada kulit karena "dijilat" matahari. Mentimun yang kaya vitamin, lemak dan mineral juga dapat memutihkan kulit, dengan syarat tidak dicampur buah atau sayur yang kaya vitamin C, untuk tidak menetralkan vitamin tersebut. Sedangkan vitamin, kalsium, lemak dan protein pada kacang kedelai berfungsi memberi gizi, melembabkan, dan mengatasi iritasi pada kulit.

Membuat ramuan: Lumatkan 150 gr labu yang sudah terlebih dahulu direbus lumatkan sebuah mentimun berukuran sedang, pakailah blender Rendam 50 gr kacang kedelai selama beberapa jam, lalu haluskan dengan blender.

Langkah perawatan Bersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung sari mentimun. Hampir semua produk kecantikan kini memproduksi pembersih sari mentimun ini. Oleskan krim mutiara (pearl cream) pada wajah secara merata, pijat perlahan-lahan memutar, lalu diamkan beberapa saat.

Olesi wajah dengan jus mentimun (ambil 1/3 bagian saja) tipis dan merata, lakukan juga pijatan ringan merata kurang lebih 1 menit.

Sekarang, lakukan penguapan pada wajah. Caranya, campurkan sisa jus mentimun ke dalam baskom berisi air panas, dan biarkan uap ak itu mengenai wajah Anda selama 5-10 menit, ketika wajah Anda terasa hangat. Lalu, oleskan tipis-tipis jus kacang kedelai pada wajah, pijat secara merata 5 menitan, diamkan sesaat, dan kemudian hapus semua dengan waslap basah.

Terakhir, gunakan lumatan labu sebagai masker wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan.

Anda dapat mempraktekkan tips ini, dan lihat hasilnya, wajah Anda akan tampak bersih dan lebih putih dalam waktu yang lebih singkat daripada yang dijanjikan banyak iklan produk pemutih.

sumber foto : jirifarm.wordpress.com

Artikel Terkait

Seorang yang berusaha hidup benar dan bermanfaat, Dengan cara menjadi Manusia yang PROAKTIF bukan REAKTIF. Berharap berakhir dengan khusnul khotimah.