Thursday, 28 April 2016

Jangan Buka Sosmed, Sebelum......

Sebaiknya Jangan Buka Sosmed/Facebook Sebelum Mengerjakan Tugas Anda
Awalnya mungkin kita ingin sekedar refreshing atau ingin tahu kabar-kabar ringan sebelum mengerjakan tugas.

Tapi ternyata setelah membuka beberapa link yang di posting oleh teman kita, kita menjadi pensaran, akhirnya kita telusuri berita politik terbaru, kita telusuri fenomena terbaru kita cari-cari tulisan-tulisan yang updatemasalah hangat. Padahal hakikatnya kita membuang-buang waktu, berita-berita itu tidak terlalu penting bagi kita.

Belum lagi ada status teman yang unik, menarik kemudian kita saling komentar, saling menunggu bahkan terkadang saling menunjukkan eksistensi kita, terkadang saling mengolok-ngolok ringan, tidak jarang akhirnya mengarah pada pembicaraan tidak jelas dan tidak bermanfaat.

Semua itu terkadang memakan waktu yang tidak sedikit, tanpa sadar ternyata kita sudah megotak-atik facebook selama 2 jam atau 3 jam. Tugas kita menjadi terbengkalai, rencananya ingin belajar karena besok ujian menjadi tertunda, karena setelah membuka facebook dan terlena dengan dunia maya, terkadang sulit mengembalikan “mood” mengerjakan tugas atau belajar.
- Waktu yang sangat berharga
- Bahaya Kecanduan facebook/Sosmed

Jika seperti ini, kapan kita menuntut ilmu, berdakwah, waktu untuk keluarga, bersosialisasi dengan masyarakat dan beramal.

-Hal ini kurang bermanfaat dan harus ditinggalkan,
Ibnu Qayyim berkata,
وَنَفْسُكَ إِنْ أَشْغَلَتْهَا بِالحَقِّ وَإِلاَّ اشْتَغَلَتْكَ بِالبَاطِلِ
“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil”

sumber : Raehanul Bahraen

Artikel Terkait

Seorang yang berusaha hidup benar dan bermanfaat, Dengan cara menjadi Manusia yang PROAKTIF bukan REAKTIF. Berharap berakhir dengan khusnul khotimah.