Saturday, 11 June 2016

Menu Sahur Agar Tidak Cepat Lemas

bio food

Badan Anda terasa cepat lemas saat berpuasa? sehingga mengganggu aktifitas dalam bekerja atau beribadah di siang hari. Apa penyebabnya? salah satu diantaranya adalah salah menu dalam santap sahur. Makanan sahur tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Lalu apa menu saat sahur?

Baca Juga Tips lancar jalani puasa 

 Untuk menghindari perut yang kaget dengan masuknya makanan, agar sehat, saat sahur sebaiknya bangun satu jam sebelum menyantap menu makanan. satu jam bisa kita gunakan untuk beribadah, tilawah misalnya; setelah itu baru menyantap sahur. Saat bangun perut belum siap untuk menerima asupan makanan, sehingga perlu ada jeda waktu. Kendaraan bermotor saja sebelum digunakan harus dipanasi dulu sebelum  digunakan, apalagi perut.

Saat berpuasa, tubuh kita tidak mendapat asupan makanan dan air kurang lebih 10 - 11 jam, untuk itu tubuh harus disiapkan agar tidak lemas. Yang dibutuhkan tubuh yang prioritas adalah air, sehingga saat sahur sebaiknya minum air putih sebanyak 2 - 5 gelas. Cairan ini nanti akan memberikan energi yang cukup disaat tidak ada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Jika badan mengalami dehidrasi, maka akan mudah lemas; Asupan air menjadi fardu 'ain.

Untuk menu makanan saat sahur, tanpa mengurangi selera bersahurnya , sebaiknya dihindari terlalu banyak makan makanan berminyak. Makanan berminyak tidak baik untuk tenggorokan jika berlebihan. Bolehlah secukupnya.

Untuk menambah energi, bisa dilengkapi dengan kurma dan madu. Kurma adalah menu Nabi dalam sahurnya, kandungan kurma sangat baik untuk lambung kita. cepat beradaptasi dengan perut yang sebelumnya kosong. Selain itu kurma memiliki kandungan yang bisa menambah energi.

Puasa adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki kualitas pencernaan kita, karena dengan puasa kita bisa makan dan minum secara teratur. Semoga bermanfaat

* sumber foto : http://www.adweek.com/prnewser/wp-content/uploads/sites/8/2012/09/organic_food.jpg

Artikel Terkait

Seorang yang berusaha hidup benar dan bermanfaat, Dengan cara menjadi Manusia yang PROAKTIF bukan REAKTIF. Berharap berakhir dengan khusnul khotimah.