Tuesday, 3 October 2017

Dakwah Di Zaman Millennial

Dakwah Kami di Zaman Baru

Betul, kalimat di atas adalah sebuah judul Bab dalam buku Risalah Pergerakan yang ditulis oleh Imam Hasan Al-Banna. Mengungkapkan bahwa dakwah Ikhwan senantiasa sesuai dengan semangat zaman.


Zaman baru telah datang. Di mana dunia nyata dilipat menjadi seolah menyatu dengan dunia maya. Generasi baru telah lahir. Generasi yang mencerna dunia melalui layar LCD (liquid crystal display), atau AMOLED.

Ini adalah zaman dimana realitas menjadi citra. Dan citra menjadi realitas. Bukan saja zaman digital.. tapi digital millennial. Zaman digital yang menyatu dengan generasi millennial.

Di zaman ini, kita membutuhkan medium dakwah yang sesuai dengan semangat zaman. Sebagaimana Hasan Al-Banna di awal dakwahnya menggunakan medium kedai kopi, dan di masa berikutnya menggunakan koran, majalah, dan mimbar parlemen.

Medium apa yang sesuai dengan zaman ini? Anda mungkin setuju jika saya sebutkan bahwa foto, desain, video, melalui kanal distribusi media sosial dan media massa, adalah medium dakwah kita di zaman ini.

Mari persembahkan dakwah kita dengan ahsan dan itqan. Melalui medium yang sesuai dengan semangat zaman.





Artikel Terkait

Seorang yang berusaha hidup benar dan bermanfaat, Dengan cara menjadi Manusia yang PROAKTIF bukan REAKTIF. Berharap berakhir dengan khusnul khotimah.